ALUR PRE PRODUKSI MULTIMEDIA
CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP
1. Title Goals / Tujuan
Sesuatu yang
dirumuskandenganjelasdanpadarumusantujuanperludirumuskantujuanumum yang
ingindicapaiolehsasaransetelahmengikuti program ayngakan di buat.
2. Audience / Pemirsa (target
audience)
Target Audience yang menjadisasaranutama program yang akan
di uat. Dalampelaksanaannya( perencanaannya) perlu di
tuliskansecarajelasuntuksiapa, misalnyauntuksiswa SLTP,
atauuntuksiswasekolahdasar.
3. Title Genre /Aliran /
Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkandalamsuatu program yang
akandibuat, misalnya :dalampembuatansuatu film, si film tersebutmengambil genre
horror.
4. Marketing requirement /
syaratpemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuhuntuknantinyamemasarkan
program yang akan di buat.
5. Budget Parameter /
Parameter anggaranpembiayaan
Perencanaananggarankeuangan( pembiayaan ) yang di
persiapkanuntukpembuatansuatu program.
6. Schedule Requirement /
Syarat yang ditempuhdlamdaftar
Syarat – syaratperencanaan( prosedurperencanaan ) yang
harusdipersiapkanuntukmembuatsuatu program.
DESIGN / Model / Pola
1. Story / conten / Servicw( Cerita / Isi /
Pelayanan )
Isi kandungandalamcerita yang dibuatpolauntukpemrosesansuatu
program.
Pelayananapa yang akandiberikansetelahjadinyasuatu program
yang di buat.
2. Information Architectur( Arsitektur /
PerencanaanInformasi )
Perancanganinformasisuatu program agar
diketahuihalayakakansebuah program yang akan di buat.
3. Visual and Sound ( Yangdapat di lihatdansuara )
Tampilanantarakualitas visual/gambardansuara yang
akanditampilkandalamsuatu program.
4. Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkansebelummemproduksisuatu
program.
5. Interaction / timbalbalik
6. Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang
dapatmemberikanarahatauminatkita.
PRODUCTION PLAN / PerencanaanProduksi
1. Storyboard / conten outline
Rangkaiankejadian yang
telahdilukiskankemudiandivisualkandalamperangkatgambaratausketsasederhanapascakartu
(dalampraproduksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaranpembiayaan yang lebih detail ataujelasdari
budget parameter
3. Scheduling/ pembuatanjadwal
Pembuatanjadwalgunapengefektifanwaktudalammenghasilkanproduksisuatu
program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset yang kitamiliki yang di
aturolehseorang manager ahli asset.
5. Testing / menguji
Mengujibaik media ataupihakyagakandigunakan/ masukdalamsuatu
program produksi.
6. Staffing/susunakepegawaian
Susunankepagawaian /penyusunansusunankepegawaian yang akanterlibatdalam
proses pembuatansuatu program.
DOCUMENTATION / DOKUMENTASI
1. Design / pola/ model
Model apa /gayaapa yang nantinyaakanditampilkanjikasuatu
program telahdibuatatau di produksi.
2. Production Plan / PerencanaanProduksi
Perencanaan-perencanaanapasaja yang tahap demi
tahapnyaakandilalui yang nantinyadalampencapaiansuatu program/produksi yang
akan di hasilkan.
ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM PASANGAN
1. Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang
merencanakanperancangansebuahmutuuntukhasilproduksi. Dalam designer
inidiantaranyaada yang dikenaldengancostum designer
yaituseseorangbertugasmembuatataumemilihdantatakostum
2. Produser
Seorangpenyandangdanadalamsebuah film.
3. Technical designer / perancangteknik
Seorang yang berperandalampenyelarasankostum, waktu yang
tertuangdalamsuasanaproduksi (waktusekarang / jamanlampau),
karakteristikaktordengancerita yang
telahdipilihdanpenatateknikproduksidalampengambilangambaruntukuklan/film.
4. Art Director / sutradaraSeni
Seorangasistensutradarapembuatanproduksi yang
memperhatikanadministrasi, hal yang
pentingsehinggadepartemenproduksiselalumengetahuiperkembanganterbaru proses
pengambilanhasilproduksi. Iabertanggungjawabakankehadiran
actor/aktrispadasaatdantempat yang tepat, danjugauntukmelaksanakaninstruksisutradara.
Atau bias jugadisebutsebagaipengarah artistic
darisebuahproduksi.
5. Audio Producer / ProduserSuara
Pihak yang
sangatberperandalampenyatuandanpenyelarasansuaradariberbagaimacamjenisdanbentuksuara.
6. Writer and Editor PenulisdanPengedit/Redaktur
Writer adalahseorang yang
bertugasmenulissebuahnaskahdalampembuatansuatu program produksi yang akan di
buat.
Editor adalahseseorang yang bertugasmelakukan editing
padahasilpengambilangambardalamproduksiatausebutanbagiseseorang yang
berprofesisebagaiahlipemotongangambar video dan audio.
7. Graphis artist / garfikartis
Seseorang yang merancangdanmencetak
8. Cameramen / kameramen
Bertugasmengambilgambilataumengoperasikankamerasaat shooting
pembuatan program produksi.
9. Programmers/programmer
Pihak yang bertugasmenyusunpemrogramansuatu program yang
akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians
(perubah/pengatursuara/pemain music)
Sebutanbagipihakdalampengerjaandanpembagiankerjadalammasalahteknissuara.
11. Content specialist / ahliisi
Pihakatauseseorang yang mempunyaikeahliandalampenyusunan
content/isi yang akan di tampilkandalamsuatu program yang nantinyaakan di
produksi.
12. Technical assistant / asistenteknik
Seorangpembantudalampenerapanteknik-teknikdalamsuatu program
baikdariteknikpengambilangambar, pemrosesansuaradanlainnya.
13. Production assistant / asistenproduksi
Seseorang yang mempunyaijabatan di dalampembuatan film dan
televise danseseorang yang bertanggungjawabuntukberbagaiaspeksuatuproduksi
14. Lawyer (advokat/pengacara)
Pihakatauseseorang yang mempunyaikeahliandalambidang hokum,
khususdalamhalinipengacarabertugassebagaiseseorang yang member bantuan hokum,
apabilasuatusaatadamasalahdenganhalproduksi.
BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI
1. Test out design direction
2. Prove our new technology
component
Dalamhalininantinyaadapembuktiandaripihak-pihakpembuatsuatu
program
bahwaakanmemunculkansuatuinovasidanteknologibarukepadahalayakuntukdapatdinikmati.
3. Brainstorming
/pengungkapanpendapat
Hak para pihak-pihakuntukmengajukanusulan-usulanapa yang
nantinyaituangkanuntukmembangunsebuah program / menentukan ide program.
CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
Maksuddalamhaliniyaitubahwasemuasegalasesuatukebenarannyagamblang,
yaitutelahdisepakatiolehpihak-pihakterkaitdalam proses praproduksidarimulai
concept definition sampai building prototype (isidaripoin-poinnya).
Suatuprodukbaruharusmemilikihakcipta agar tidakdibajak ole orang lain
danuntukmembuktikankepemilikansuatuproduk.
CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangankontrakdanpembiayaan
1. Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnyadalamhalinidalam proses produksi,
jadisemuaciptaankreasiisi yang
ditampilkanperluadanyakreativitastinggiuntukmenciptakansebuahisiciptaan yang
sesuaidengan yang telah di konsepsebelumnya.
2. Graphics / grafik
Adlahgarisan, bulatan, kotak, bayangan, warnadll yang
dibinadengan program melukis
3. Teks / tek
Kombinasidaribeberapahuruf yang membentuksebuah kata
atauayat yang perkataanitumenerangkanataumembincangkansuatu topic dan topic itu
di kenakdenganinformasiteks.
4. Animations / animasi
Adalahpaparanurutanlakaran yang di
setiapsatunyaterdapatsedikitperbedaan yang
menghasilkansatupergerakansecraberterusan.
5. Video
Adalah media digital yang menunjukansusunan / urutangambar-gambar
yang memberikanilusi, gambaran, sertafantasikepadagambar yang bergerak.
6. Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakanteknikkamera
yang membuatilusipadapikiranpenonton. Contohpadaumumnyamenggunakanteknik
rear-screens projections ataugambar yang berada yang berada di belakang actor,
objek miniature yang terlihatukurannyasesuaidenganaslinyadanteknikanimasi yang
membuatmakhlukterlihatrealistis.
7. Sound effect
Merupakansuaru-suara yang dapatmemberikangambaransuasanaataulatarbaik
waktu, tempatmaupunsuasanakegiatanatauperistiwa.
8. Music
Perpaduanbunyi yang mempunyaiartidannilaiartistik yang
tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar